wiana1203

Minggu, 25 Maret 2012

MANAJEMEN WARUNG INTERNET

Maret 19rd, 2012 by IBENU K.A

Sasaran : Anak Sekolah

1. Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan sebuah proses terpadu dimana individu-individu sebagai bagian dari organisasi yang dilibatkan untuk merencanakan, mengorganisasikan, menjalankan dan mengendalikan aktifitas-aktifitas, yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring dengan berjalannya waktu. Agar proses manajemen berjalan lancar, diperlukan sistem serta struktur organisasi yang solid. Pada organisasi tersebut, seluruh aktifitasnya haruslah berorientasi pada pencapaian sasaran. Organisasi tersebut berfungsi sebagai wadah untuk menuangkan konsep, ide-ide manajemen. Jadi dapat dikatakan bahwa manajemen merupakan suatu rangkaian tanggung jawab yang berhubungan erat satu sama lainnya.

1.2 Pengertian Warnet

Warnet atau Warung Internet merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. Biasanya penyebaran Internet berada di tempat umum, baik sekolah maupun tempat bisnis. Kebanyakan warnet-warnet berjatuhan karena konsumen yang kurang puas hingga bencana alam. Manajemen warnet diperlukan untuk menghindari hal tersebut dan membangun kondisi yang lebih baik.

1.3 Investasi Awal Membuka Warnet

Pada awal buka maret 2010, saya cuma bermodal 10juta Plus 1 lcd 15"

1. dari 10juta tersebut dapat saya peroleh 3 unit komputer pentium 4 memory 512 mb dengan @ hard disk 20 gb.

2. di bulan 1-5 kondisi warnet masih sepi pelanggan baru pada bulan ke 6 ada uang terkumpul sehingga dapat beli lagi 1 unit pentium 4 lagi. begitu seterusnya setiap bulan dapat membeli 1 unit pentium 4.

3. sampai berjalan skearang hampir 2 tahun jumlah komputer client jadi 15 komputer dengan rincian 8 unit pentium 4 dan 7 unit duol core.

1.4 Membangun Warnet

Untuk memulai membangun warnet, dimulai dengan survei pasar hingga mempersiapkan hardware dan software.

1. Survei dalam beberapa waktu kedepan bisa diterima atau tidak

2. Menentukan posisi yang tepat untuk meletakkan/lokasi warnet

3. Menentukan berapa banyak user maksimal untuk warnet

4. Menentukan hardware yang dibutuhkan untuk warnet, seperti:

· komputer untuk kasir

komputer untuk kasir, saya sarankan minimal pentium 4.

5. komputer untuk server/firewall. Beberapa warnet memilih menggabungkan komputer kasir dan server menjadi satu untuk mengurangi biaya.

6. komputer user. Pelanggan dapat ditentukan, apakah dapat memakai fasilitas webcam, sound, mic dan lain-lainnya.

7. hal lain yang dijual selain jasa warnet. Pelanggan yang sudah lama didalam warnet akan mengalami masalah kalau dia meninggalkan posisinya. Menjual minuman bahkan makanan dapat menjadi alternatif. Warnet dapat pula menjual barang lainnya seperti Flash disk hingga kertas.

8. Peralatan keamanan. Bencana yang terjadi karena manusia dan alam sering terjadi. Menyiapkan peralatan pencegahan adalah tindakam pencegahan yang bagus.

9. Memilih provider.

Untuk memilih provider tergantung kebutuhan warnet anda, jika murni untuk warung internet silakan ambil paket speedy yang 1 mega (cukup melayani hingga 10 client) jika membuka game online ( semisal point blank ) saya sarankan ambil jaringan terpisah dari yang lain

10. Memilih tehnik pembayaran. Beberapa tehnik yang diketahui / digunakan oleh warnet.

· Penghitungan perjam

· Penghitungan Permenit

· Penghitungan Per satuan waktu. 20 menit, 15 menit bahkan 30 menit.

· Memilih minimal pembayaran. Standar berbagai warnet berbeda, ada yang memberi batas minimal 30 menit, 1 jam bahkan 10 menit.

11. Memilih toleransi pembayaran. Toleransi disini maksudnya adalah waktu lebih yang digunakan oleh pelanggan sebelum dia masuk ke waktu berikutnya. sebagai contoh:Pelanggan berada di warnet dengan sistem per 15 menit. Dia memakai selama 1 jam 2 menit. Dimana warnet memberikan toleransi 5 menit sebelum dia masuk ke waktu berikutnya yaitu waktu 1 menit 15 menit. Beberapa warnet tidak memberikan toleransi, apabila pelanggan telah masuk ke ke detik selanjutnya dari 1 jam, maka dia di anggap masuk ke waktu berikutnya.

1.5 komputer untuk kasir, saya sarankan minimal pentium 4.

komputer untuk server/firewall. Beberapa warnet memilih menggabungkan komputer kasir dan server menjadi satu untuk mengurangi biaya.

1.6 komputer user. Pelanggan dapat ditentukan, apakah dapat memakai fasilitas

webcam, sound, mic dan lain-lainnya.

  • hal lain yang dijual selain jasa warnet. Pelanggan yang sudah lama didalam warnet akan mengalami masalah kalau dia meninggalkan posisinya. Menjual minuman bahkan makanan dapat menjadi alternatif. Warnet dapat pula menjual barang lainnya seperti Flash disk hingga kertas.
  • Peralatan keamanan. Bencana yang terjadi karena manusia dan alam sering terjadi. Menyiapkan peralatan pencegahan adalah tindakam pencegahan yang bagus.

1.7 Memilih provider.

Untuk memilih provider tergantung kebutuhan warnet anda, jika murni untuk warung internet silakan ambil paket speedy yang 1 mega (cukup melayani hingga 10 client) jika membuka game online ( semisal point blank ) saya sarankan ambil jaringan terpisah dari yang lain.

1.8 Memilih tehnik pembayaran. Beberapa tehnik yang diketahui / digunakan oleh

warnet.

· Penghitungan perjam

· Penghitungan Permenit

· Penghitungan Per satuan waktu. 20 menit, 15 menit bahkan 30 menit.

· Memilih minimal pembayaran. Standar berbagai warnet berbeda, ada yang memberi batas minimal 30 menit, 1 jam bahkan 10 menit.

· Memilih toleransi pembayaran. Toleransi disini maksudnya adalah waktu lebih yang digunakan oleh pelanggan sebelum dia masuk ke waktu berikutnya. sebagai contoh:[1] Beberapa warnet tidak memberikan toleransi, apabila pelanggan telah masuk ke ke detik selanjutnya dari 1 jam, maka dia di anggap masuk ke waktu berikutnya.

1.9 Masalah Hardware.

Selalu waspada pada masalah hardware. Hal paling buruk dari masalah ini adalah bisa mengakibatkan bencana kebakaran.

· Mouse tak bergerak atau bermasalah. Ada berbagai solusi untuk menangani masalah mouse. Solusi ini berlaku pada masalah keyboard

· lepaskan dari port dan masukkan kembali.

· Ganti Mouse.

· Monitor bermasalah. Selalu memperhatikan kondisi monitor pelanggan. Monitor pelanggan sangat renta dibandingkan dengan monitor

2.0 Masalah Software

Masalah software dapat bervariasi dari masalah ringan dan masalah berat. Hal yang paling terberat dari masalah ini adalah Format ulang. Tapi ada solusi untuk Instal cepat yaitu dengan membuat file ghost.

2.1 Masalah dari pelanggan

· Pelanggan bermacam-macam. Dari sopan maupun anarkis. Tegaskan anda dan mintalah tolong apabila keadaan terdesak.

· Pelanggan meminta bantuan. Selalu kunci tempat uang pembayaran sebelum menolong dan Kunci komputer anda sendiri sebelum datang dengan menekan (ctrl + Alt + del) dan memilih standby atau lock komputer.

· Pelanggan membuka situs porno. Tentukan sikap anda terutama menuruti peraturan dari warnet, apakah membolehkan atau membebaskan. Bila seseorang meminta membuka situs porno, tegurlah dan laporkan pada atasan anda.

· Pelanggan merusak fasilitas. Tegur dan hentikan dia, bila keadaan memanas minta agar pelanggan pergi. Kerusakan fasilitas / hardware akan menjadi tanggung jawab yang bertugas pada shift tersebut.

2.2 Pelanggan mengutang

Pastikan tidak ada pelanggan yang melakukan penghutangan. Di depan kasir tolong tuliskan permintaan untuk tidak ''menghutang'' kepada pelanggan. Diharapkan tidak ada kejadian menghutang. Apabila dia menghutang dan meletakkan barangnya disana sebagai jaminan, pastikan barang tersebut milik dia.

2.3 Kejahatan dalam warnet

Warnet yang berjalan 24 jam atau melewati batas malam pukul 21.00 rawan akan kejahatan seperti perampokan dan penodongan. Termasuk di antaranya pencurian hardware.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar